Langsung ke konten utama

TIPS MEMBELI ANDROID

ANDROID APA SIH YANG HARUS DIBELI?... COCOK GA? SESUAI GA DENGAN KEPERLUAN DAN KEINGINAN?


Jangan bingung...ON KAPUAS akan menguraikan panduan yang dapat dijadikan patokan bagi para ONLINER yang ingin atau akan membeli perangkat android..terutama bagi yang baru pertama kali akan menyentuh teknologi android...sehingga nantinya tidak ada penyesalan jika salah memilih. Baiklah faktor-faktor yang bisa menjadi patokan bagi para ONLINER dalam memilih perangkat atau gadget android adalah sebagai berikut.


1. MENENTUKAN JENIS PERANGKAT ANDROID

Jenis perangkat android di pasaran dapat dibagi secara umum menjadi tablet (layar ukuran 7 inci ke atas), phablet ( layar ukuran 4,5 inci - 7 inci) dan smartphone android (layar kurang dari 4,5 inci). Di sini para ONLINER dapat membandingkan jenis perangkat apa yang dibutuhkan, sesuai selera atau kegunaan perangkat. 


Bagi para ONLINER yang senang bermain game, menonton film atau browsing...disarankan memilih jenis tablet, karena memiliki layar yang lebih besar dan lega sehingga memaksimalkan fungsi dan kepuasan para ONLINER. Jika penggunaan lebih ke arah chatting, musik, sosial network, lebih disarankan membeli jenis smartphone. Karena jenis smartphone memiliki ukuran yang lebih mobile dan sesuai dengan genggaman tangan, sehingga para ONLINER dapat beraktifitas ria bersama android di mana saja. Bagi para pencinta musik, game, sosial network sekaligus penggila game dan film, phablet merupakan suatu pilihan yang cocok, karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Meski tidak selega tablet, phablet juga bisa memberikan luas pandang yang memuaskan dalam menonton film dan bermain game, apalagi didukung dengan fitur HD. Selain itu phablet juga lumayan mobile dan biasanya memiliki kamera dengan kualitas tinggi, sehingga cocok bagi pencinta fotografi.

2. MENYESUAIKAN DENGAN BUDGET (KETERSEDIAAN UANG)

Budget merupakan hal yang tidak akan pernah lepas dari gadget. Budget yang dimiliki sangat berpengaruh pada kualitas dan spek perangkat android yang bisa didapatkan. Ketersediaan budget menentukan gadget atau perangkat android yang dapat dibeli, apakah yang berkelas high end, middle end atau low end. Bagi yang memiliki budget atau dana yang mumpuni atau unlimited atau tebal...tidak akan terlalu dipusingkan dengan pemilihan gadget atau perangkat android. Sebaiknya memilih yang high end gadget, karena pastinya memiliki spek yang gahar dan kualitas yang baik. Vendor yang memproduksi gadget high end misalnya samsung dengan galnotenya, sony dengan xperianya, dll.


Bagi para ONLINER yang memiliki dana atau budget yang tidak terlalu tebal tapi mencukupi, perangkat middle end dapat menjadi solusi yang baik, karena memiliki kualitas yang lumayan dan spek di atas rata-rata. Bahkan sekarang sudah banyak vendor-vendor yang banyak memproduksi gadget middle end dengan kualitas dan spek tidak kalah saing dengan kelas high end. Misalnya saja, huawei, lenovo, samsung, sony,  dll.

Bagi para ONLINER yang memiliki dana terbatas, gadget low end bisa menjadi suatu pilihan yang tidak buruk. Bahkan sekarang banyak gadget low end yang berkualitas lumayan dengan spek yang memadai. Beberapa vendor china dan lokal bisa menjadi pilihan yang dapat diperhitungkan, karena gadget yang diproduksi meskipun harganya minimalis, tetapi memiliki spek menyamai gadget middle dan high end, misalnya saja cross,mito,dll. Bahkan vendor terkenal seperti samsung juga memproduksi gadget low end, meskipun speknya jauh di bawah gadget middle dan high end.

Bagi para ONLINER yang ingin memiliki gadget dengan kualitas dan spek yang gahar, tetapi budget yang dimiliki tidak mencukupi, barang second dapat menjadi pilihan yang logis. Akan tetapi, dalam hal memilih barang second harus lebih teliti dan cermat agar tidak terjadi 'pembelian barang yang tidak layak pakai dan tidak layak beli'. Barang second dengan harga miring bisa didapatkan di forum-forum jual beli atau pasar lokal. Misalnya saja FJB kaskus, pontianak informasi atau datang langsung ke penjualnya di pasar-pasar elektronik.

3. PEMILIHAN SPEK

Spek perangkat android sangat penting untuk memilih gadget yang akan dibeli. Untuk mengetahui spek gadget, para ONLINER dapat mencari lewat google, atau bisa dilihat dari info spek di kotak gadget. Ingat!!! ini sangat penting dalam mengecek spek, karena bisa saja gadget dengan harga yang sama atau hampir sama memiliki spek yang beda jauh. Selain itu, spek yang dimiliki oleh gadget merupakan patokan bagi para ONLINER dalam menggunakan gadget tersebut, apakah untuk bermain game, musik, fotografi, dll. Spek gadget secara umum dibagi menjadi: display, jaringan, kecepatan, dan accecoris.

DISPLAY
DISPLAY yang perlu diperhatikan adalah jenis layar (lcd, led, amoled,dll), pelindung layar (gorilla glass, dll), jenis touch atau sentuhan (resistive, capacitive, multitouch, dll).
TFT LCD merupakan layar yang lebih mementingkan kualitas gambar tetapi kurang jelas jika dilihat dari samping. IPS-LCD memberikan sudut penglihatan yang lebih baik dan lebih hemat energi dibandingkan TFT. HD-IPS-LCD merupakan IPS-LCD yang memberikan dukungan HD. SLCD terkenal dengan kecerahan dan kejelasan gambar, sehingga memaksimakan media visual. Selain itu sangat efisien dalam penggunaan energi pada saat menampilkan visual dengan warna dominan putih atau warna cerah. SLCD telah dikembangkan menjadi SLCD 2, dan SLCD 3. OLED merupakan layar yang memberikan kualitas dan kejelasan visual lebih baik dibandingkan LCD. Selain itu lebih tipis dan lebih ringan, tetapi kurang jelas jika dilihat di bawah sinar matahari. AMOLED merupakan jenis layar yang menampilkan warna lebih kental sehingga visual yang dihasilkan lebih jelas dan lebih hidup. Layar ini lebih hemat energi karena tidak memerlukan cahaya latar, lebih sensitif dan presisi tinggi karena menerima signal sentuhan dari dalam layar (sehingga tidak dipengaruhi oleh adanya debu atau kotoran di permukaan layar). SUPER AMOLED memberikan visual yang lebih jelas dan lebih dalam, merupakan jenis layar yang sekarang banyak digunakan pada gadget android high end.
PELINDUNG LAYAR yang sekarang banyak digunakan adalah gorilla glass. Gorilla glass dapat melindungi layar dari goresan dan lecet yang dapat disebabkan oleh partikel-partikel halus. Sayangnya, penggunaan gorilla glass sekarang masih terbatas pada gadget android high end. Bagi gadget yang tidak memiliki pelindung layar khusus, dapat diakali dengan penggunaan anti gores.
JENIS LAYAR SENTUH dapat dibagi secara umum menjadi tipe resistif, yaitu layar yang mendapatkan sinyal dari kontak antara dua lapisannya sehingga dalam penggunaannya harus ditekan. Jenis layar ini sudah jarang digunakan karena tidak 'user friendly'. Jenis yang kedua adalah capacitive, yaitu layar yang menggunakan listrik statik pada jari sebagai pemicu, sehingga dalam penggunaannya cukup disentuh saja (tidak ditekan). Tipe layar sentuh juga dapat dibagi berdasarkan banyaknya poin atau titik yang dapat menerima signal, yaitu onetouch (dapat menerima sentuhan hanya pada 1 poin), multitouch (dapat menerima signal pada lebih dari satu poin, jumlah poin yang dapat menerima signal secara bersamaan tergantung dari fitur gadget. Ada yang 3 poin, 5 poin, full layar, dll).
JARINGAN
JARINGAN komunikasi yang didukung oleh perangkat atau gadget android juga harus diperhitungkan. Faktor yang harus dijadikan patokan adalah ada atau tidaknya dukungan jaringan mobile (CDMA atau GSM), kecepatan akses data mobile yang didukung (GPRS, 3G dan 4G), dukungan wifi dan hotspot portabel (thetering), dukungan bluetooth, dan jenis band yang didukung perangkat. Faktor-faktor di atas berpengaruh pada kualitas dan kecepatan akses data, baik untuk browsing, sosial network, maupun dalam mendownload dan upload data.
KECEPATAN DAN KETANGGUHAN GADGET MELAKUKAN TASK (TUGAS)
Hal ini berkaitan dengan kapasitas internal memori, processor, RAM, dan GPU (vga).
INTERNAL MEMORI sangat penting karena biasanya ada beberapa aplikasi android yang memerlukan ketersediaan ruang penyimpanan (storage) yang lumayan besar, terutama untuk aplikasi game. Kadang jika storage tidak mencukupi akan menyebabkan gagalnya aplikasi tersebut dijalankan. Oleh karena itu, gadget android sebaiknya memiliki internal storage minimal 1GB atau lebih. Jika storage yang disediakan gadget tidak terlalu besar, solusinya adalah dengan menggunakan rooting perangkat android, meskipun dengan resiko tidak lagi berlaku garansi. Oleh karena itu harus bijak.
PROCESSOR penting untuk mendukung kemampuan dan kecepatan menjalankan aplikasi. Besarannya biasanya ditampilkan dalam MHz atau GHz. Jenis processor yang biasanya digunakan adalah Qualcomm, spreadtrum, ARM, dll. Sebaiknya memilih processor yang tidak cupu atau minimal 1 GHz atau paling tidak 512 MHz. Hindari membeli gadget spreadtrum terutama bagi para ONLINER yang suka mengkostumasi android.
RAM berpengaruh pada ketangguhan gadget android dalam menjalankan tugas (tasking). Gadget sebaiknya dipilih yang memiliki RAM dengan kapasitas 1 GHz atau lebih. Meskipun demikian, RAM berkapasitas kurang juga tidak terlalu buruk terutama para ONLINER yang lebih memilih gadget hanya untuk browsing dan sosial network. GPU berperan untuk memaksimalkan gadget dalam mengolah visual. Tidak semua gadget android memiliki GPU yang terdedikasi khusus untuk visual. Tapi sebaiknya pilihlah gadget android yang ber-GPU karena dapat memberikan visual yang lebih dalam dengan kualitas yang sangat baik. Terutama untuk membuka film dan game HD.
SPEK TAMBAHAN
SPEK TAMBAHAN yang dimiliki gadget android berkaitan dengan kegunaan gadget tersebut secara khusus. Bagi para ONLINER yang hobi fotografi, sebaiknya memilih gadget android yang memiliki kamera dengan 'pixel' yang besar, sehingga dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Bagi yang suka berpetualang, gadget dengan GPS terintregasi dapat menjadi pilihan, karena mendukung aktifitas berpetualang, seperti mapping, tagging, dll. ONLINER yang suka musik pilihlah gadget android dengan dukungan kualitas suara yang baik, paling tidak adanya dukungan stereo dan bass booster.

4. JENIS OS ANDROID

Jenis OS android yang umumnya dimiliki oleh gadget di pasaran pada saat sekarang terdiri dari tiga, yaitu ginggerbread (GB), ice cream sandwich (ICS) dan jellybean (JB). Hal yang harus diperhatikan adalah jenis OS yang dimiliki gadget dan sebaiknya memilih jenis OS terbaru, yaitu Jellybean atau ICS. Jika gadget yang diinginkan OS-nya masih jadul, bisa diakali dengan upgread OS, baik di service center maupun manual. Akan tetapi harus benar-benar dipastikan gadget tersebut dapat diupgrade OS-nya. Karena jika tidak, para ONLINER tidak akan bisa mengikuti perkembangan aplikasi android, apalagi para pengembang aplikasi umumnya lebih menfokuskan diri untuk membuat aplikasi yang didukung OS android terbaru.




OKE...SUDAH PANJANG LEBAR DI SINI ON KAPUAS MENGURAIKAN TIPS DAN TRIK UNTUK MEMILIH PERANGKAT ATAU GADGET ANDROID. SETELAH INI ON KAPUAS AKAN MENYAJIKAN HAL-HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH MEMBELI ANDROID. OKE...SELAMAT BER-ONLINE RIA....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELATONIN MENGHIPNOTIS MANUSIA SETIAP HARI

APA BENAR KITA TERHIPNOTIS SETIAP HARI TANPA KITA SADARI?.... BENAR ...Kita memang terhipnotis setiap hari dan pelakunya adalah " melatonin ". Melatonin merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pineal akibat dari interaksi gelap-terang atau panjang siang dan malam. baca juga: Jam Biologis Manusia Bagaimana si "melatonin" ini menghipnotis kita? Pada malam hari, kelenjar pineal pada otak mendeteksi gelap dan pada manusia normal akan menyebabkan produksi melatonin. Melatonin yang banyak terlarut dalam darah menyebabkan otak terangsang untuk tidur atau secara istilah endokrinologi disebut " triggering sleep-gate ". Nah tanpa disadari pada malam hari, manusia normal terhipnotis untuk tidur setelah otak menyadari bahwa cahaya yang tersedia sedikit. Nih, ada pernyataan para ahli mengenai melatonin: "Melatonin menyebabkan tidur pada hewan diurnal, termasuk manusia. Injesti melatonin pada waktu siang dapat meningkatkan kadar melaton

KALIMANTAN BARAT YANG EKSOTIK

Kalimantan Barat atau West Borneo merupakan provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak keunikan di dalamnya. Kawasan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia ini, menyimpan pesona yang sangat menarik untuk digali, mulai dari kekayaan etnis , flora dan fauna , kuliner , kawasan wisata , budaya sampai aspek mistik nya.  Bagi para wisatawan, Kalimantan Barat menyediakan objek wisata yang layak dipertimbangkan untuk jadi tujuan berlibur dan bertamasya, baik untuk wisata alam maupun wisata budaya . Objek wisata alam yang dapat dikunjungi di Kalimantan Barat antara lain objek wisata pantai di sepanjang pesisir barat Pulau Kalimantan , yaitu Samudera Indah , Kura-Kura Beach , Pantai Simping , Pasir Panjang dan lain-lain. Pulau-pulau yang berada di kawasan perairan sebelah barat, seperti Pulau Randayan , Pulau Lemukutan dan Pulau Penata , juga memiliki keindahan eksotik pantai pasir putihnya dan keindahan bawah lautnya. Objek wisata lain yang juga menarik

CARA DOWNLOAD VIDEO YOUTUBE LEWAT BLACKBERRY

KESULITAN DOWNLOAD VIDEO YOUTUBE PAKE BB? ADA GA SIH CARA SIMPLENYA...TANPA SOFTWARE? Ada caranya dan simple banget tanpa menggunakan software khusus. Bagi pengguna blackberry yang ingin download video, ON KAPUAS akan memberikan tips dan trik yang cukup mudah untuk dilakukan. Yang perlu dipersiapkan yaitu: Gadget blackberry kamu (tipe apa saja dan OS apa saja) Koneksi internet (baik wifi maupun pake jaringan mobile 2,5G atau 3G terserah, paket apa saja yang penting bisa browsing) Browser (boleh opera mini atau browser standar) Cemilan dan minuman (buat makan-makan saat download...he he he he...) Oke, jika sudah lengkap semua yang harus dipersiapkan, langsung saja kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut: Buka browser di BB kamu, lalu buka m.youtube.com. Dikolom pencarian, cari video yang kamu inginkan. Setelah muncul halaman dari video yang kamu inginkan (misalnya http://m.youtube.com/index?&... ), lihat link yang ada di bagian kolom link browser.